Selasa, 16 September 2008

MENCEGAH KEGEMUKAN PADA ANAK


Bagi para orang tua yang mempunyai anak, sebelum anak-anak kita terlanjur mengalami kegemukan, sebaiknya kita cegah lebih dahulu. Namun seandainya sudah terlanjur, masih ada jalan keluarnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipakai sebagai acuan.

1.UBAH GAYA HIDUP.
Sebagai orang tua kita harus bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak dalam penerapan cara hidup dan pola makan yang sehat.

2.SEDIAKAN WAKTU UNTUK OLAH RAGA (aktivitas).
Temukan aktivitas yang disukai dan menarik untuk anak anda yang dapat membakar kalori sepeti: berlari, berenang, naik sepeda, berjalan (jogging), dan lakukan hal ini secara rutin.


3.PILIH MAKANAN YANG SEHAT.
Kurangi makanan “fastfood or junk food” yang hanya mengandung tinggi lemak dan garam. Kurangi konsumsi gula. Berikan anak 3 kali makan dengan porsi kecil dan 3 kali makanan kecil(snack) dengan porsi kecil, sehingga anak tidak merasa lapar. Berikan banyak minum air putih juga juice seperti orange juice yang mengandung vit.c juga serat, juga berikan banyak makan buah dan sayuran. Pilihlah snack yang rendah lemak.

4.UBAH KEBIASAAN MAKAN KELUARGA.
Berikan makan pada anak hanya bila anak anda lapar dan bukan karena sekedar ingin makan sesuatu. Bila anak anda baru saja makan dan ingin untuk makan lagi cobalah untuk mengalihkan aktivitasnya atau memberikan sesuatu yang lain, karena anda tahu anak anda tidak benar-benar lapar. Jangan pernah makan atau ngemil selama nonton TV.


5.BERIKAN DUKUNGAN ANDA.
Sangat penting untuk seluruh keluarga merubah cara hidup untuk menolong anak anda. Jangan menyimpan makanan junk food, minuman soda yang kaya akan gula, makanan tinggi lemak (potato chip dll) dirumah anda. Siapkan menu makanan yang rendah lemak dan sehat untuk seluruh keluarga. Ikuti kegiatan exercise.

6.BERIKAN PUJIAN ATAU PERHATIAN BILA ANAK SUDAH MELAKUKAN SESUATU YANG BAIK.
Hadiah dan pujian dapat memotivasi anak untuk tetap berdiet. Contohnya bila anak anda dalam 1 minggu berinisiatif untuk minum air putih ketimbang soda maka pujilah anak anda, berikan hadiah mainan atau aktivitas kesenangannya, tapi JANGAN berikan makanan sebagai hadiah.

7. PERIKSAKAN KE DOKTER.
Periksakanlah anak anda ke dokter/dokter anak untuk pengawasan diet juga mengecek berat badanya setiap 2-4 minggu sekali. Hindari menimbang berat badan anak setiap waktu dirumah karena dapat menimbulkan stress pada anak anda.

Sebagai orang tua kita harus melakukan peranan kita untuk menolong anak kita, yang hanya tindakan sederhana tapi memberikan perubahan yang tetap terhadap cara hidup, kebiasaan olahraga dan makan pada anak nantinya. Yang semuanya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan anak anda di masa datang.

Peranan orang tua dan dukungan dari keluarga sangat mempengaruhi keberhasilan program mengatasi kegemukan pada anak. Oleh aTiK

4 komentar:

Junjung Purba mengatakan...

salam kenal bu:)

Unknown mengatakan...

Salam kenal bu.
Fenomena umumnya yang terjadi obesitas (kegemukan) sering terjadi pada orang dewasa. Pada anak terjadi proses tumbuh dan kembang, sedangkn pada dewasa sudah bukan tumbuh tapi berkembang saja (asupan nutrisi) digunakan untuk menggantikan sel-sel yang rusak. Akan tetapi kiat-kiat penanganannya bisa dikatakan sama.
Sedangkan pada anak umumnya yang terjadi adalah kebalikannya, hambatan tumbuh kembang, kurang gizi, terkait ke organ tumbuh pencernaan yang dalam masa pembentukan. Akan lebih menarik jika yang kedua dibahas dalam tulisan tersendiri. (arief hr)

info sehat/atik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
info sehat/atik mengatakan...

Buat Pak Arif
Terima kasih banyak atas masukannya. Pembahasan tentang hambatan tumbuh kembang pada anak akan segera dipublikasikan.